• Tue. Aug 16th, 2022

Pelangi Usaha

Memberi Inspirasi Untuk Negeri

Pahami Syarat Serta Tips Sebelum Kredit Mobil

ByInayatul

Apr 18, 2022

Memiliki kendaraan dengan cara kredit masih menjadi opsi  oleh sebagian besar kalangan orang di Indonesia. Cara ini merupakan salah satu yang dipilih  karena dapat membantu mengatur keuangan dengan baik, mengingat terdapat kebutuhan lain yang juga harus dipenuhi. Pastikan Anda cari mobil baru yang sesuai dengan kebutuhan dan biaya yang dimiliki. Apabila biayanya tidak cukup dan kurang memadai, karena akan merepotkan kondisi perekonomian anda untuk masa depan.

Tapi, sebelum memutuskan untuk mengambil kredit mobil, ada tahapan tahapan dan syarat utama yang harus dilengkapi. Berikut adalah contoh tahapan yang dilakukan :

1. Data Pribadi Bersih di Bank Indonesia (BI)

Sebagai pengawas transaksi keuangan nasional, Bank Indonesia (BI) memiliki sistem pendataan otomatis ketika seseorang menggunakan fasilitas kredit bank atau leasing. Anda harus mencari tahu lebih dalam apakah terdapat pembayaran yang belum terlunasi, sebab jika terjadi hal seperti itu dapat menyebabkan tercantum dalam daftar blacklist Bank Indonesia (BI).

2. Menyesuaikan Dengan Kebutuhan

Dengan membeli mobil ketahui dengan jelas kebutuhan yang akan diperlukan. Keluarga besar dapat membeli mobil jenis APV dan jika kelurga dengan beranggotakan hanya 4 orang bisa membeli mobil jenis Mobilio.

3. Membuat Akumulasi Keuangan

Angsuran semua kredit pribadi hanya boleh sekitar 25-30% dari total penghasilan perbulan yang tercantum di slip gaji. Pastikan memiliki dana yang cukup untuk membayar uang muka (down payment) kredit mobil, yakni sekitar 20-30% dari total harga mobil. Sebab, besarnya DP akan menentukan jumlah cicilan perbulan. Supaya DP lebih ringan, maka tersedia metode trade-in atau tuker tambah suatu barang dengan sesuai perhitungan.

4. Melakukan Percobaan Kredit

Percobaan kredit ini diperlukan agar anda memiliki gambaran sederhana untuk melihat kemampuan keuangan dalam membayar uang muka dan cicilan kredit mobil kelak.

5. Pahami dengan bunga yang akan dikenakan

Untuk menghindari kredit macet biaya yang membengkak, kalian pahami detail biaya bunga yang dikenakan.  Dan pastikan nantinya beban bunga yang tercantum di kontrak tidak memberatkan kalian.

6. Kalian harus memastikan agar membayar kredit tepat waktu

Hal penting terakhir yaitu apabila semua syarat sudah dipenuhi dan proses leasing kalian diterima, maka anda harus pastikan untuk selalu membayar tepat waktu.karna apabila kalau kalian telat membayar biasanya dari pihak leasing akan mengenakan sejumlah biaya denda lebih.

Jangan terlena akan kemudahan pembiayaan yang ditawarkan leasing, anda tetap harus mempertimbangkan persyaratan uang muka minimal, asuransi, suku bunga,  dan fasilitas lain yang ditawarkan oleh pihak leasing kepada anda. Maka dari itu tersedia SEVA sebagai platform terpilih dalam dunia otomotif, konsumen bisa memulai cicilan mobil dengan DP 0%, dengan cara seperti konsumen lebih nyaman memakai aplikasi ini.

SEVA merupakan Platform yang berada di bawah Astra Financial yang menyediakan layanan pembiayaan mobil baru dengan didukung oleh perusahaan pembiayaan dan dealer resmi dari Grup Astra. Semua produk yang SEVA hadirkan ditujukan untuk memudahkan masyarakat Indonesia agar dapat membeli mobil dengan nyaman secara finansial dan praktis melalui layanan online.

Nah, bagi ingin membeli mobil dengan sistem kredit, lembaga leasing SEVA bisa jadi pertimbangan. Ini dikarenakan SEVA menyediakan berbagai fitur untuk memudahkan konsumen dalam memilih berbagai jenis kendaraan melalui situs digital mereka, terdapat berbagai fitur tips tips lainnya dalam memilih berbagai jenis kendaraan model terbaru hingga produksi yang paling utama.

Related Post